Select Language

14 July 2012

Resep JAMU : Resep untuk Pengobatan Luka Bakar

Resep Obat tradisional 
Luka bakar dapat disebabkan oleh panas api, minyak goreng panas, air panas atau logam panas sehingga menimbulkan lepuh di kulit, berair , maupun luka bakar. 
Penanganan pertama, lakukan hal sebagai berikut : 

  1. Berikan korban suasana sejuk
  2. Jauhkan korban dari lokasi kejadian 
  3. Dingankan bagian luka dengan kipas 
  4. Bersihkan luka agar terhindar dari infeksi 
  5. Lindungi bagian luka dari benturan atau singgungan dengan benda lainnya. 
  6. Berikan ramuan tanaman obat yang tepat. 

Resep yang digunakan untuk pengobatan luka bakar dapat terdiri dari 3 jenis penggunaan bahan baku berupa tanaman obat lidah buaya, pegagan ataupun rumput mutiara. 
Resep I 
Bahan : 
Lidah buaya (Aloe vera L.) 
Cara pemakaian 1 : 
Potong pangkal daun lidah buaya Biarkan sampai lender keluar Oleskan lender lidah buaya pada bagian yang sakit hingga merata sesering mungkin. 
Cara Pemakaian 2 : 
Tumbuk halus daun lidah buaya secukupnya, kira-kira sejumlah untuk menutup bagian luka secara merata. Balurkan tumbukan lidah buaya pada bagian luka. Balut dengan kain perban yang bersih agar luka tidak pecah atau bersentuhan dengan benda lain. Ganti ramuan bila balutan sudah kering atau kotor. Lakukan hingga sembuh. 
Reaksi dengan resep ini, pada luka akan terasa dingin dan pembengkakan akan berkurang sebab lidah buaya bersifat dingin dan anti radang. Pada sebagian kasus, lidah buaya bahkan dapat menghilangkan bekas luka yang ditinggalkan. 

Artikel Terkait :

Resep JAMU : Ramuan untuk menghilangkan bekas luka

No comments:

Silahkan kopi-paste artikel blog ini, tapi tolong cantumkan link (alamat blog ini) sebagai sumbernya. Terimakasih telah berkunjung, harap tinggalkan komentar apabila menganggap artikel kami berguna.

Berlangganan Resep?

Masukkan Email Anda


Preview | Powered by FeedBlitz