Select Language

28 July 2011

Resep JAMU : PENGOBATAN PENYAKIT TBC

Resep Obat tradisional

TBC
Penyakit TBC dapat menyerang siapa saja dan dimana saja. Penyakit TBC biasanya menular melalui udara yang tercemar dengan bakteri Mikobakterium tuberklosa yang dilepaskan pada saat penderita TBC batuk, dan pada anak-anak sumber infeksi umumnya berasal dari penderita TBC dewasa. Bakteri ini bila sering masuk dan terkumpul di paru-paru akan berkembang biak (terutama pada orang dengan daya tahan tubuh yang rendah), dan dapat menyebar melalui pembuluh darah atau kelenja getah bening. TBC dapat menginfeksi hampir seluruh organ tubuh seperti paru-paru, otak, ginjal, saluan pencernaan, tulang, kelenjar getah bening. Organ tubuh yang paling sering terkena adlah paru-paru.
TBC disebabkan oleh basil (bakteri yang berbentuk batang) tahan asam yang disingkat BTA (nama lengkapnya Mycobacterium Tubeculosis ) yang terhirup masuk ke dalam paru-paru. Sedangkan gejala yang muncul yaitu batuk berdahak, dengan frekuensi yang sangat sering, tenggorokan gatal, jika berjalan jauh akan sesak napas, mudah lelah, demam tinggi, berkeringat pada malam hari, tidak nafsu makan, dan berat badan menurun.

Resep pengobatan :

Resep 1
Bahan :

  1. 30 gr tumbuhan selasih 15 gr daun legundi
  2. 10 gr kayu secang kering 60 gr akar alang-alang
  3. 2 – 3 buah mengkudu matang
Cara mengolah :
  1. Semua bahan dicuci hingga bersih lalu dipotong-potong.
  2. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas.
  3. Saring air rebusan.

Aturan pakai :

Minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

tag : obat alami, ramuan obat, obat herbal, pengobatan tradisional

No comments:

Silahkan kopi-paste artikel blog ini, tapi tolong cantumkan link (alamat blog ini) sebagai sumbernya. Terimakasih telah berkunjung, harap tinggalkan komentar apabila menganggap artikel kami berguna.

Berlangganan Resep?

Masukkan Email Anda


Preview | Powered by FeedBlitz