Select Language

22 January 2009

Pusing atau Sakit Kepala ?

(Resep JAMU Tradisional)

Pusing merupakan sakit kepala yang terjadi pada satu titik saja. Frkuensi dan masa datangnya bervariasi. Sakit kepala ini biasanya disertai dengan rasa mual dan penglihatan berkunang kunang. Sebagian beasr pusing terjadi karena respon tubuh terhadap stress, gangguan pencernakan, tekanan darah, emosi, serta duduk terlalu lama yang menimbulkan ketegangan otot.
  • Penangan Pertama
Pusing dengan kategori ringan akan hilang dengan sendirinya. Pusing jenis ini diatasi dengan istirahat sejnak dan dilanjutkan dengan pemijatan perlahan-lahan didaerah kepala sampai ke tengkuk (leher bagian belakang). Setelah itu mandi air hangat, menghirup udara segar, dan mengkonsumsi tanaman obat yang bersifat menekan rasa sakit (analgesic), pelancar peredaran darah serta anti radang (anti-inflamasi)
Pusing berat yang disertai mual, muntah, mata berkunang-kunang dan kepala berdenyut serta rasa sakit sampai ke tengkuk sebaiknya memerlukan penanganan yang serius karena biasanya ada hubungan dengan penyakit lain. Pengobatannya akan lebih mudah apabila penyebabnya sudah diketahui secara pasti.
  • Resep Tradisional
Ada beberapa tanaman obat yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa pusing diantaranya : Cabe Jawa, Sambiloto dan Sembukan.
NB : Dapatkan resepnya secara khusus di posting lain di blog ini.

Sumber : P3K dengan herbal, oleh : Sofyan Tsauri

Technorati Tag

No comments:

Silahkan kopi-paste artikel blog ini, tapi tolong cantumkan link (alamat blog ini) sebagai sumbernya. Terimakasih telah berkunjung, harap tinggalkan komentar apabila menganggap artikel kami berguna.

Berlangganan Resep?

Masukkan Email Anda


Preview | Powered by FeedBlitz